KLIK IKLAN YA, PLEASE

Tips ngatur waktu

Sebagai seorang mahasiswa, kamu bakal kerepotan dengan segala bentuk aktivitas kamu: kuliah, organisasi, nyuci baju, pedekate... rasanya 24 jam sehari itu enggak cukup! Eits, bentar dulu ... enggak harus selalu begitu kok. Ada caranya supaya IP kamu tetep di atas 3 sementara kegiatan di luar kuliah kamu: himpunan, KMK, GEMA, unit, beres-beres kos, pacaran... semuanya tetep lancar. Mau tahu?

Yang pertama dan utama dalam manajemen waktu itu masalah PRIORITAS. Kamu mesti bisa membedakan backbone yang lebih penting pada saat tertentu. Misalkan, besok kamu musti kumpulin tugas yang bejibun banyaknya dan tiba-tiba temen kamu nelpon buat curhat. Backbone yang bakal kamu utamakan? Di sini dituntut kemampuan dan keberanian kamu buat Say NO kalau memang ada yang lebih penting.

Sekarang, misalkan kamu harus kerja part-time sementara itu ada praktikum di waktu yang sama. Nah, kalau sudah begini agak sulit. Pilihannya kembali ke prioritas kamu sendiri dan konsekuensi yang musti kamu tanggung. Yang jelas, semua pilihan selalu punya KONSEKUENSI. Tinggal yang backbone yang lebih penting aja buat kamu.

Kedua yang musti kamu ingat Be actuality and now! Kalau kamu sudah menetapkan pilihan jam sekian sampai sekian saya akan ngapain, belajarlah untuk konsentrasi ke pekerjaan itu saja. Seringkali kita ingin menyelesaikan beberapa pekerjaan pada saat yang bersamaan : ngerjain tugas sambil rapat di himpunan sambil ngatur acara di GEMA lewat sms. Percaya deh, hasilnya enggak ada bagus-bagusnya! Karena terlalu banyak yang harus dipikirkan, otak kita jadi bercabang-cabang dan enggak optimal kemampuannya. Makanya cobalah untuk berkonsentrasi di saat itu, di tempat itu. Di Kitab Suci juga ada kan "Untuk segala sesuatu ada masanya, untuk apapun di bawah langit ada waktunya."(Pengkhotbah 3:1).

Kalau perlu, pakailah calendar atau organizer buat mengingatkan diri kamu tentang janji yang sudah kamu buat atau kerjaan yang musti kamu selesaikan. Dengan begitu otak kamu juga enggak pusing karena harus inget sama semua janji kamu.

Kalau semua sudah kamu terapkan dan ternyata kamu masih keteteran juga? Wah, itu waktunya kamu buat evaluasi diri. Mungkin kegiatan kamu udah added than you can handle. Ingat, manusia punya keterbatasan! Keterbatasan waktu, keterbatasan badan. Jangan sampai kamu jatuh sakit gara-gara lupa makan karena terlalu sibuk. Atau sampai harus terapi ke psikolog karena stres berkepanjangan. Pengembangan diri itu emang penting banget, tapi apa artinya kalau yang kamu dapet cuma badan yang kelelahan dan pikiran yang kacau? Yah, balik lagi kemasalah prioritas deh. Kegiatan backbone yang buat kamu emang lebih penting dan backbone yang kurang penting. Kita memang enggak selamanya bisa mendapat semua yang kita inginkan.

Masa kuliah itu bisa jadi adalah masa yang batten menentukan dalam hidup seseorang. Di sini kamu bebas untuk jadi diri kamu, mengembangkan diri kamu menjadi apapun yang kamu mau. Menjadi seperti apa kamu di masa depan sangat ditentukan oleh siapa diri kamu, seperti apa diri kamu ketika kamu kuliah. Karena itu, use your time wisely.(Vrn)

Blog Panen bukan Sembarang Blog